Kamis, 08 November 2018

5 Penyebab Air Mani Berwarna Kuning


Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum .

 Air mani warna kuning
Air mani (cairan yang mengandung sel sperma) biasanya berwarna putih atau abu-abu keputihan. Namun, beberapa pria kadang menemukan dirinya mengeluarkan air mani warna kuning. Jika air mani Anda berubah warna, Anda mungkin bertanya-tanya apakah ada yang salah dengan kesehatan Anda atau tidak? Nah, mengenai keluarnya air mani warna kuning, ada beberapa penyebab yang mendasari. Mulai dari masalah kesehatan yang tidak berbahaya hingga yang parah. Kira-kira, apa yang menyebabkan keluarnya air mani warna kuning?

Penyebab keluarnya air mani warna kuning pada pria

1. Tercampur air kencing

Air mani warna kuning umumnya bisa disebabkan karena tercampur dengan air kencing atau urine. Terkadang, air kencing bisa tertinggal di dalam uretra. Uretra sendiri adalah tabung yang membawa air mani (yang mengandung sperma) dan air kencing keluar dari tubuh Anda, yaitu melalui penis.

Bila hal ini terjadi, urine dan air mani bisa tercampur saat air mani keluar dari penis Anda. Campuran urin dan air mani bisa membuat air mani Anda terlihat kuning. Hal ini juga bisa disebakan oleh beberapa penyebab seperti infeksi saluran kemih atau pembesaran prostat, yang juga dikenal sebagai benign prostatic hyperplasia (BPH).

2. Terkena jaundice

Jaundice adalah suatu kondisi kesehatan yang disebabkan oleh keadaan lain, seperti penyakit yang menyebabkan pemecahan hemoglobin yang berlebihan. Biasanya kondisi yang sering disebut sebagai penyakit kuning ini memengaruhi warna bagian putih mata dan kulit yang akan berwarna kekuningan. Nah, dalam kasus tertentu, kondisi ini juga bisa memengaruhi warna air mani Anda.

3. Leukocytospermia

Leukocytospermia merupakan salah satu kondisi yang ditandai dengan tingginya jumlah sel darah putih dalam air mani. Leukocytospermia, yang mana juga bisa disebut sebagai pyospermia, dapat menyebabkan keluarnya air mani warna kuning.

Kondisi ini bisa melemahkan dan merusak kualitas sperma. Jika sudah cukup serius bahkan bisa menyebabkan ketidaksuburan. Leukocytospermia bisa disebabkan oleh beberapa penyebab berikut ini:

Adanya pembengkakan di daerah penis atau pangkal paha
Penyakit kelamin seperti herpes, gonore, atau klamidia
Gangguan autoimun
Kondisi striktur uretra, yang menyebabkan penyempitan pada uretra
Jarang ejakulasi
Pembuluh darah melebar di bagian testikel berubah
Menggunakan ganja atau alkohol
4. Infeksi prostat

Jika keluarnya air mana warna kuning kehijauan, hal itu bisa menjadi salah satu gejala infeksi prostat. Infeksi prostat bisa terjadi bila bakteri dalam air kencing Anda bocor masuk ke bagian prostat Anda. Gejala yang terjadi meliputi:

Sakit atau sering buang air kecil
Merasa anyang-anyangan
Sakit saat ejakulasi
Nyeri di punggung bagian bawah, perut, penis, atau selangkangan

5. Penyakit kelamin

Beberapa penyakit kelamin atau penyakit menular seksual (PMS), seperti gonore atau klamidia, dapat menyebabkan keluarnya air mani warna kuning. Berikut beberapa gejala yang meliputi, antara lain:

1/Mengalami rasa panas terbakar saat buang air kecil
2/Sakit saat buang air kecil
3/Bagian penis, testis, dan selangkangan gatal
4/Sering buang air kecil
5/Penyakit kelamin tertentu juga dapat menyebabkan leukocytospermia, yang dapat menyebabkan air mani tampak kuning.

Bagaimana cara mengobatinya?

Keluarnya air mani yang berwarna kekuningan ini bisa diobati tergantung pada penyebab utama. Jika terdapat infeksi yang menyebabkan air mani kuning, dokter mungkin meresepkan antibiotik atau obat antivirus untuk pengobatan.

Penting juga diketahui, jika Anda memiliki air mani berwarna kuning akibat infeksi, Anda harus dapat menahan diri untuk tidak berhubungan seks selama masa penyembuhan. Dikhawatirkan infeksi atau virus bisa menyebab ke pasangan seksualnya.

Air mani warna kuning ini juga bisa diatasi dengan mengurangi konsumsi minuman atau makan makanan yang memakai bahan penguning. Anda juga dapat mengonsumsi air putih yang banyak untuk menetralkan warna air mani yang keluar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sperma Kental Tanda Tidak Sehat

 Banyak orang mengatakan kalau semua pria cenderung memiliki sperma kental. Padahal sebenarnya, sperma pria tidak terlalu kental karena t...